Jumat, 05 Desember 2014

Apa itu POWER PLAY???

Dalam kesempatan kali ini saya akan membahas salah satu strategi dalam pertandingan futsal yang disebut "POWER PLAY".. Yaaa "POWER PLAY", mungkin sebagian masih bertanya-tanya apa itu Power Play???
Power Play adalah suatu strategi dalam futsal dimana seorang penjaga gawang bisa membantu empat pemain lainnya dalam menyerang tim lawan, dalam strategi ini ketika kiper melewati garis tengah (di pertahanan lawan) maka kiper tidak dibatasi waktu memainkan bolanya, sebaliknya ketika kiper belum melewati garis tengah dan memainkan bola lebih dari 4 detik wasit akan memberi indirect free-kick kepada lawan karena  itu dianggap pelanggaran. berikut ini adalah contoh gambarya
Pada gambar disamping terlihat penjaga gawang (lingkaran merah) boleh memasuki daerah pertahanan lawan, inilah yang dimaksud dengan strategi "POWER PLAY". Untuk menerapkan strategi ini biasanya dalam satu tim memiliki pemain khusus yang memiliki akurasi passing dan shooting diatas rata-rata, dan juga harus bisa menjadi seorang penjaga gawang, karena apabila terjadi counter attack pemain ini akan berosisi sebagai penjaga gawang. Dalam Power Play ini pemain yang menggantikan kiper utama harus menggunakan seragam (jersey) yang berbeda dengan pemain lainnya (biasanya mengenakan rompi).

Apa tujuan sebuah tim melakukan Power Play???

Ketika sebuah tim menerapkan strategi Power Play ini biasanya tim tersebut sedang mengejar ketertinggalan gol dengan tim lawan, karena dengan menerapkan strategi ini penguasaan bola bisa seutuhnya dikendalikan. tetapi resiko dari strategi ini juga sangat besar, apabila bola tercuri lawan, tim lawan bisa mencetak gol dengan mudah jika penjaga gawang tidak segera kembali ke posisinya karena gawang berada dalam keadaan kosong. karena itu strategi ini bisa mematikan untuk lawan tetapi juga bisa menjadi boomerang bagi tim sendiri. Untuk hal ini pelatih lah yang akan mengamati bagaimana kekuatan sang lawan. . .

Oke sekian dulu tentang strategi Power Play kali ini, selamat mencoba dan tetap PLAY FUTSAL FOR FUN AND HEALTH :-D :-D KEEP CALM AND PLAY FUTSAL :-D

1 komentar: